Metode ceramah yaitu sebuah metode
mengajar dengan menyampaikan informasi dan pengetahuan saecara lisan kepada
sejumlah siswa yang pada umumnya mengikuti secara pasif. Muhibbin Syah, (2000).
Metode ceramah dapat dikatakan sebagai satu-satunya metode yang paling ekonomis
untuk menyampaikan informasi, dan paling efektif dalam mengatasi kelangkaan
literatur atau rujukan yang sesuai dengan jangkauan daya beli dan paham siswa.
Beberapa kelemahan metode ceramah
adalah :
a. Membuat siswa pasif
b. Mengandung unsur paksaan kepada
siswa
c. Mengandung daya kritis siswa (
Daradjat, 1985)
d. Anak didik yang lebih tanggap
dari visi visual akan menjadi rugi dan anak didik yang lebih tanggap auditifnya
dapat lebih besar menerimanya.
e. Sukar mengontrol sejauhmana
pemerolehan belajar anak didik.
f. Kegiatan pengajaran menjadi
verbalisme (pengertian kata-kata).
g. Bila terlalu lama
membosankan.(Syaiful Bahri Djamarah, 2000)
Beberapa kelebihan metode ceramah
adalah :
a. Guru mudah menguasai kelas.
b. Guru mudah menerangkan bahan
pelajaran berjumlah besar
c. Dapat diikuti anak didik dalam
jumlah besar.
d. Mudah dilaksanakan (Syaiful Bahri
Djamarah, 2000)
(dari berbagai sumber)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar