Muhibbin Syah ( 2000 ),
mendefinisikan bahwa metode diskusi adalah metode mengajar yang sangat erat
hubungannya dengan memecahkan masalah (problem solving). Metode ini lazim juga
disebut sebagai diskusi kelompok (group discussion) dan resitasi bersama (
socialized recitation ).
Metode diskusi diaplikasikan dalam
proses belajar mengajar untuk :
a. Mendorong siswa berpikir kritis.
b. Mendorong siswa mengekspresikan
pendapatnya secara bebas.
c. Mendorong siswa menyumbangkan
buah pikirnya untuk memecahkan masalah bersama.
d. Mengambil satu alternatif jawaban
atau beberapa alternatif jawaban untuk memecahkan masalah berdsarkan
pertimbangan yang seksama.
Kelebihan metode diskusi sebagai
berikut :
a. Menyadarkan anak didik bahwa
masalah dapat dipecahkan dengan berbagai jalan
b. Menyadarkan ank didik bahwa
dengan berdiskusi mereka saling mengemukakan pendapat secara konstruktif
sehingga dapat diperoleh keputusan yang lebih baik.
c. Membiasakan anak didik untuk
mendengarkan pendapat orang lain sekalipun berbeda dengan pendapatnya dan
membiasakan bersikap toleransi. (Syaiful Bahri Djamarah, 2000)
Kelemahan metode diskusi sebagai
berikut :
a. tidak dapat dipakai dalam
kelompok yang besar.
b. Peserta diskusi mendapat
informasi yang terbatas.
c. Dapat dikuasai oleh orang-orang
yang suka berbicara.
d. Biasanya orang menghendaki pendekatan
yang lebih formal (Syaiful Bahri Djamarah, 2000)
(dari berbagai sumber)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar