Metode demonstrasi adalah metode
mengajar dengan cara memperagakan barang, kejadian, aturan, dan urutan
melakukan suatu kegiatan, baik secara langsung maupun melalui penggunaan media
pengajaran yang relevan dengan pokok bahasan atau materi yang sedang disajikan.
Muhibbin Syah ( 2000).
Metode demonstrasi adalah metode yang digunakan untuk memperlihatkan sesuatu
proses atau cara kerja suatu benda yang berkenaan dengan bahan pelajaran.
Syaiful Bahri Djamarah, ( 2000).
Manfaat psikologis pedagogis dari
metode demonstrasi adalah :
a. Perhatian siswa dapat lebih
dipusatkan .
b. Proses belajar siswa lebih
terarah pada materi yang sedang dipelajari.
c. Pengalaman dan kesan sebagai
hasil pembelajaran lebih melekat dalam diri siswa (Daradjat, 1985)
Kelebihan metode demonstrasi sebagai
berikut :
a. Membantu anak didik memahami
dengan jelas jalannya suatu proses atu kerja suatu benda.
b. Memudahkan berbagai jenis penjelasan
.
c. Kesalahan-kesalahan yeng terjadi
dari hasil ceramah dapat diperbaiki melaui pengamatan dan contoh konkret,
drngan menghadirkan obyek sebenarnya (Syaiful Bahri Djamarah, 2000).
Kelemahan metode demonstrasi
sebagai berikut :
a. Anak didik terkadang sukar
melihat dengan jelas benda yang akan dipertunjukkan.
b. Tidak semua benda dapat
didemonstrasikan
c. Sukar dimengerti bila
didemonstrasikan oleh guru yang kurang menguasai apa yang didemonstrasikan
(Syaiful Bahri Djamarah, 2000).
(dari berbagai sumber)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar